Reksadana Pasar Uang

Swarakyat.id – Reksadana pasar uang. Salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan di masa sekarang dan dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang adalah reksadana pasar uang, apa sih itu?

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang menginvestasikan semua dana investor di pasar uang. Instrumen pasar uang yang dimaksud dapat berupa surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Kemudian reksa dana jenis ini juga memiliki keunggulan. Keunggulan reksa dana pasar uang antara lain: Keuntungan keseluruhan lebih tinggi dari deposito bank. Tidak diperlukan modal besar. Dapat ditarik kapan saja.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai Reksadana pasar uang, kami memiliki definisi dan pengertian lengkapnya di bawah ini. Kami juga akan membahas keuntungan lain dari memilih menggunakan reksadana pasar uang.

Baca: Pinjam Uang 30 Juta Tanpa Jaminan

Pengertian Reksadana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang menginvestasikan semua uang investor di pasar uang. Instrumen pasar uang yang dimaksud dapat berupa surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Instrumen pasar uang yang paling populer adalah sertifikat bank Indonesia atau SBI, obligasi, deposito berjangka dengan semua jatuh tempo di bawah satu tahun. Reksa dana pasar uang memiliki risiko yang paling rendah.

🔥 Trending:   Web Penghasil Gopay

Investasi yang dilakukan melalui reksa dana pasar uang mudah dilikuidasi. Meski menjanjikan, keuntungan dari reksa dana pasar uang tidak lebih besar dari reksa dana jenis lain, sehingga ini yang kerap jadi pertimbangan.

Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

Meskipun reksa dana pasar uang tidak begitu menguntungkan seperti reksa dana lainnya, berikut adalah keuntungan berinvestasi di reksa dana pasar uang yang harus Anda ketahui. Di antaranya sebagai berikut.

1. Keuntungan Tinggi

Ketika Anda berinvestasi di reksa dana, seperti Reksa dana pasar uang, keuntungan Anda biasanya sekitar 6% hingga 7% per tahun. Namun, bunga yang diperoleh sangat sedikit dibandingkan dengan uang biasa di rekening tabungan.

Sekalipun nominal tabungan Anda kurang dari Rp 1 juta, bunga yang didapat adalah 0%. Lain cerita jika Anda menginvestasikan uang Anda di reksa dana pasar uang, Keuntungan akan berlipat ganda.

2. Deposit Awal Ringan

Reksa dana pasar uang awal minimal hanya Rp 100.000. Bagi mereka yang baru memulai investasi, memulai dengan nama kecil seringkali menjadi pilihan. Reksa dana pasar uang adalah sarana yang cocok.

Hal tersebut karena Anda dapat mulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000. Tentu saja, pengembalian yang Anda dapatkan tidak akan sama dengan jika Anda mulai berinvestasi besar-besaran.

3. Withdraw Kapanpun

Keuntungan lain yang dimiliki reksadana pasar uang dibandingkan sarana investasi lainnya adalah fleksibilitas untuk menarik uang. Dana yang diinvestasikan dapat ditarik kapan saja tanpa menunggu jangka waktu tertentu.

🔥 Trending:   Penghasil Uang di Internet

Proses pembayaran atau pencairan dana Reksa dana pasar uang relatif mudah karena dapat dilakukan secara online. Juga, dana dapat ditarik tanpa penalti. Inilah yang menjadi keuntungan dari Reksa dana pasar uang.

Risiko Reksadana Pasar Uang

Selain keuntungan, Anda juga harus mengetahui berbagai macam risiko yang dapat mungkin terjadi jika berinvestasi di Reksa dana pasar uang. Apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda simak sebaik-baiknya.

1. Gagal Bayar

Salah satu produk reksa dana pasar uang adalah obligasi dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Obligasi atau surat utang berpotensi untuk dilunasi tepat waktu atau tidak dilunasi atau wanprestasi.

Berinvestasi reksa dana pasar uang mungkin mengalami kerugian, tetapi ada solusinya, dan Anda disarankan untuk membeli obligasi pemerintah. Karena obligasi pemerintah lebih aman daripada obligasi swasta atau perusahaan lain.

2. Redemption Besar-besaran

Reksa dana pasar uang juga merugi jika investor besar menarik dananya (redemption) secara besar-besaran. Misalnya, reksa dana pasar uang A memiliki volume modal 300 miliar dan investor menarik sebanyak 190 miliar.

Hal tersebut akan memaksa reksa dana pasar uang untuk dijual sebelum tanggal jatuh tempo. Jika reksa dana pasar uang dijual sebelum kadaluarsa, maka akan dijual di bawah harga pasar. Ini akan menjadi kerugian Anda.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai rekomendasi pengertian reksadana pasar uang yang bisa digunakan oleh Anda. Semoga Anda tidak bingung lagi mengenai apa pengertian dan kegunaan reksadana pasar uang.