Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Swarakyat.id – Cara menghasilkan uang dari YouTube. Semua orang pasti menyukai hiburan, dan di zaman sekarang hiburan banyak masyarakat dunia telah beralih dari yang tadinya nonton di televisi sekarang di YouTube.

Pastinya karena hal tersebut pula pengguna YouTube di seluruh dunia menjadi sangat banyak. Bahkan YouTube telah dinobatkan sebagai salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Hal tersebut membuat banyak upaya dapat dilakukan di platform YouTube, termasuk sebagai ajang untuk mencari penghasilan online. Salah satunya adalah dengan monetisasi channel YouTube ke Google AdSense.

Namun untuk memperoleh penghasilan dari YouTube bukan cuma dari AdSense saja. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan agar penghasilan kita di YouTube menjadi bertambah meski tanpa Google AdSense.

Baca: Cara Menghasilkan Uang 100 Ribu Per Hari

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru

Berikut akan kami sampaikan kepada Anda mengenai cara memperoleh penghasilan dari YouTube terbaru, terpercaya, dan terbukti membayar. Silahkan Anda dapat menyimak panduannya pada penjelasan berikut.

1. Buat Channel YouTube

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara menghasilkan uang dari YouTube adalah membuat channel Youtube sendiri. Tenang saja, Anda bisa secara gratis membuat channel YouTube entah itu melalui PC ataupun smartphone.

Setelah itu, penting juga untuk dan memutuskan konten apa yang akan menjadi fokus saluran channel YouTube Anda. Konsep channel YouTube harus yang fun tapi tidak membosankan tentunya akan menarik minat penonton.

Anda juga perlu melakukan riset terlebih dahulu, kira-kira konten seperti apa yang sesuai dengan target viewers. Contohnya jika di Indonesia, maka akan lebih bagus jika membuat konten tentang hiburan yang bermanfaat.

2. Monetisasi YouTube

Untuk dapat menghasilkan uang dari Youtube, kita perlu memonetisasi akun ke Google AdSense. Untuk melakukan Monetisasi ini, Anda dapat masuk ke informasi akun Anda dan mengklik Creator Studio di menu sebelah kiri.

Klik Channels & Status & Features, lalu pilih Enable Monetization dan setujui perjanjian yang ada. Di awal tahun 2018, Youtube merilis peraturan terbaru tentang monetisasi pada channel yang memenuhi syart.

Sebelumnya Youtuber hanya mengajukan syarat 10.000 views untuk dimonetisasi, kemudian pada 9 Januari 2018, Youtube resmi mengubah aturan. Agar memenuhi syarat untuk monetisasi, saluran YouTube harus memenuhi kriteria.

Memiliki 1.000 pelanggan dan setidaknya 4.000 jam waktu tonton kumulatif selama 12 bulan terakhir. Setelah persyaratan terpenuhi, Youtube akan memverifikasinya dengan meninjau keaslian setiap video di saluran tersebut.

3. Sambungkan ke AdSense

Selain pendapatan dari jumlah penonton yang diperoleh, para YouTuber juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan dari iklan. Caranya, Anda perlu menautkan akun AdSense dengan akun YouTube dan mendapatkan persetujuan.

Anda dapat melacak penghasilan Anda di YouTube Analytics di masa mendatang, memantau apakah channel YouTube Anda berkembang atau tidak. Akun Anda akan dibayar setelah Anda menyelesaikan dan mematuhi ambang pembayaran Youtube.

Saat monetisasi Google AdSense diaktifkan, iklan biasanya mulai muncul di video yang diunggah dan verifikasi lebih lanjut telah dilakukan oleh Youtube. Jika ada yang menonton atau klik iklan tersebut, Anda bisa dapat uang.

4. Endorsement

Langkah lainnya untuk mendapatkan uang dari YouTube tanpa AdSense adalah dengan kerja sama sponsorship, sering disebut dengan endorsement. Anda dapat bekerja dengan merek terkenal yang memiliki produk tertentu.

Dengan video yang diupload pada channel YouTube, kita bahkan bisa menjalankan soft promotion dengan menyertakan link produk di kolom deskripsi. Banyak vlogger dan Youtuber membuat konten komentar tentang proyek tertentu.

Sebuah channel YouTube milik seorang Vlogger atau YouTuber terkenal pasti memiliki beberapa iklan jika diamati. Sponsor dan iklan di dunia YouTube memainkan peran penting dalam menghasilkan uang, menjadi alternatif AdSense.

5. Jual Video YouTube

Untuk YouTuber pemula, jika Anda belum memenuhi syarat untuk monetisasi AdSense atau melakukan endorsement, ada cara lain menghasilkan uang dari YouTube. Caranya adalah dengan menjual video di situs penyedia video gratis.

Anda dapat menggunakan akun situs web penjualan video untuk mempromosikan saluran Anda. Cara ini juga kerap menjadi salah satu opsi untuk memperoleh bayaran dari video YouTube yang sudah kita buat.

Untuk melakukan pekerjaan ini supaya bisa memperoleh penghasilan tambahan, Anda dapat menambahkan formulir pratinjau. Formulir tersebut akan diarahkan ke akun YouTube Anda untuk melihat versi lengkap video.

6. Live Streaming

Live streaming pada channel YouTube juga bisa menjadi salah satu opsi untuk memperoleh pendapatan dari YouTube dengan cepat, gratis, dan tanpa modal. Siapa saja bisa melakukannya asal sudah memenuhi syarat.

Jika Anda sudah memiliki penggemar dan banyak pengikut di Youtube, Anda dapat melakukan streaming langsung untuk meningkatkan kepercayaan penggemar Anda. Plus, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan Anda.

Cara melakukan live streaming pada YouTube juga sangat mudah, menunya terdapat pada tombol sebelah upload video. Saran kami, jika ingin melakukan live streaming pada YouTube, pilihlah waktu di hari libur.

7. Terus Berkreasi

Terakhir agar Anda tetap konsisten untuk bisa memperoleh uang dari YouTube adalah dengan terus berkreasi dan berinovasi. Tentu saja, bersaing di industri digital kreatif menuntut kita untuk terus berpikir ke depan.

Seorang YouTuber juga harus tetap hidup agar penonton kita tetap dicintai dan berlangganan. Untuk terus memiliki audiens yang besar, kita harus selalu berpikir dan menyajikan konten yang segar dan disukai banyak audiens.

Kita bisa menggunakan Google Trends untuk melakukan riset kata kunci untuk mengetahui konten apa yang sedang trending dan banyak diminati oleh audiens. Jadi, kita tidak akan ditinggalkan oleh para audiens.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara menghasilkan uang dari youtube terbaru yang bisa dilakukan. Semoga penjelasan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi yang ingin menggunakan YouTube.