Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

Swarakyat.id – Cara menghasilkan uang dari Wattpad. Semua penggemar novel dan cerita tah bahwa Wattpad adalah salah satu aplikasi baca novel digital terbesar bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia.

Karena popularitasnya, banyak orang menerbitkan cerita dan novel buatan mereka sendiri pada platform Wattpad tersebut. Sebab, mereka bisa dengan cepat memperoleh pembaca dari cerita yang mereka buat.

Nah dari Wattpad pula para penulis di Wattpad juga bisa menghasilkan uang. Bahkan bukan cuma satu cara, melainkan ada sejumlah alternatif yang bisa dilakukan apabila salah satu cara ternyata gagal dilaksanakan.

Di sini kami akan berbagi informasi kepada Anda mengenai tips serta panduan cara menghasilkan uang dari Wattpad secara gratis dan cepat. Silahkan simak ulasannya pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Island King

Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad Gratis Terbaru

Ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan supaya bisa memanfaatkan Wattpad untuk menghasilkan uang. Semua rekomendasi panduannya bisa dilihat pada cara menghasilkan uang dari Wattpad di bawah berikut ini.

1. Tulis Cerita di Blog

Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk menghasilkan uang dari Wattpad adalah dengan menulis cerita di blog. Cara ini bisa dilakukan bagi yang memiliki followers atau penggemar di Wattpad yang banyak.

Mereka yang sudah memiliki jumlah pembaca yang besar di Wattpad juga dapat menggunakan cara ini untuk menarik pembaca ke blog Anda. Selain menulis, Anda juga dapat menambahkan konten blog lain yang tidak ada di Wattpad.

Bekerja keras untuk membagikan alamat blog Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, jangan lupa untuk memasang iklan agar bisa mendapatkan uang. Contohnya iklan Google AdSense atau iklan banner langsung.

2. Buat Novel e-Book

Bagi yang ingin cara lain menghasilkan uang dari aplikasi Wattpad, Anda bisa membuat versi e-book dari novel Anda kemudian menjualnya kepada penggemar. Ini adalah solusi untuk mendapatkan uang dari Wattpad terpopuler.

Bahkan, cara ini juga bisa dibilang sangat menjanjikan karena walaupun Anda menjualnya dengan harga murah, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pembeli dan pendapatan. Khususnya bagi yang memiliki cerita populr di Wattpad.

Hal ini karena eBook dalam format PDF akan lebih mudah diakses oleh pembaca di mana saja tanpa dikenakan ongkos kirim atau biaya yang besar. Misalnya, Anda bisa menjual e-book Rp 50.000 dan membuat banyak orang tertarik.

3. Kirim ke Penerbit

Apakah Anda tahu bahwa adaptasi Wattpad yang Anda lihat di bioskop biasanya pertama kali diterbitkan sebagai novel. Cara menghasilkan uang dengan menulis di wattpad juga akan membuat nama anda lebih dikenal luas.

Baik diterbitkan dalam bentuk fisik maupun digital, mengirimkan cerita Wattpad Anda ke penerbit akan menjadi langkah awal yang tepat. Khususnya untuk membesarkan pundi-pundi rupiah Anda sebagai penulis Wattpad.

Sudah banyak penulis sukses di Wattpad yang bisa mendapatkan penghasilan besar dari menerbitkan tulisannya ke penerbit buku. Bahkan, saat ini mereka juga sudah banyak menjadi penulis terkenal.

4. Bergabung dengan Ko-Fi

Platform Ko-Fi merupakan situs yang dirancang untuk memberikan ruang bagi orang-orang dengan karya untuk mendapatkan apresiasi yang layak mereka dapatkan. Sedrehananya, Ko-Fi adalah platform pengumpul donasi.

Jadi, Anda bisa meminta donasi dari pembaca terhadap novel Anda. Lebih dari 500.000 pembuat konten dari penulis hingga pelukis telah bergabung dengan Ko-Fi, dan penggemar akan membayar 100% dari semua langganan kepada Anda.

Ko-Fi memungkinkan penggemar menghargai pencipta favorit mereka dengan harga secangkir kopi, yang bisa mencapai $3 atau sekitar Rp42.000. Makin banyak yang berdonasi kepada tulisan novel Anda, makin besar pula penghasilan Anda.

5. Menggunakan Patreon

Tidak berbeda jauh dengan Ko-Fi, Patreon juga menjadi platform pengumpul donasi. Patreon telah menjadi pilihan utama bagi pembuat konten di banyak platform online untuk menghasilkan uang dari penggemar karya mereka.

Tidak hanya musisi dan YouTuber yang bisa menggunakan Patreon, sebagai penulis Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara menghasilkan uang di Wattpad. Setelah itu, pembaca akan mendapatkan konten tanpa batas.

Cara pakai patreon di wattpad sangat mudah. Anda dapat mengatur semuanya sesuai keinginan. Anda dapat memikat pembaca Wattpad dengan menawarkan episode khusus yang hanya dirilis di Patreon, atau dengan memberi kesempatan kepada pembaca mengintip episode baru sebelum dirilis.

6. Wattpad Paid Stories

Cara terakhir untuk mendapatkan uang dari Wattpad adalah memanfaatkan Wattpad Paid Stories. Di sini Anda ‘memaksa’ pembaca Anda membayar untuk terus membaca apa yang Anda posting berikutnya (biasanya cerita bersambung).

Wattpad adalah aplikasi penulisan cerita yang menghasilkan uang dengan fitur cerita berbayar, dan ini bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Tapi pastikan novel Anda berkualitas sehingga banyak yang mau mmebeli.

Untuk mencoba cara menghasilkan uang dari Wattpad Paid Stories ini, Anda sudah memiliki jumlah pembaca yang lumayan disertai dengan tulisan berkualitas tinggi. Sehingga banyak pembaca yang tertarik dengan cerita Anda.

Akhir Pembahasan

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan pada Anda mengenai panduan serta tutorial untuk cara menghasilkan uang dari wattpad gratis. Mudah-mudahan Anda bisa memanfaatkan tips di atas agar bisa dapat uang dari Wattpad.