Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Swarakyat.id – Cara menghasilkan uang dari podcast. Setelah beberapa tahun terakhir bermunculan banyak YouTuber dan selebgram, kini ada salah satu profesi unik lainnya yang bisa menjadi sumber penghasilan sampingan.

Profesi tersebut bernama podcaster, ialah orang yang melakukan podcast dengan berdiskusi tentang berbagai hal. Konten yang ada di podcast adalah suara, jadi lebih mirip seperti radio pada zaman dulu.

Nah podcast ini juga menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk memperoleh pengahasilan. Tentunya hal ini bisa dilakukan jika Anda memiliki pengetahuan untuk dapat penghasilan dari podcast tersebut.

Bagaimana cara mendapat uang dari podcast? Anda pasti penasaran dan ingin mengetahuinya kan? Jangan khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan menjelaskan ulasan lengkapnya kepada Anda.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Taxoyager

Cara Menghasilkan Uang dari Podcast Terbaru

Yuk lihat bersama-sama pembahasan berikut mengenai cara menghasilkan uang dari podcast terbaru. Simak ulasan mengenai podcast penghasil uang yang telah kami rangkum dari berbagai macam sumber.

1. Spotify Premium

Salah satu cara menghasilkan uang dari podcast yang paling sering digunakan ialah memanfaatkan layanan atau fitur Spotify Premium. Spotify Premium biasanya memberlakukan sistem berlangganan untuk pendengarnya.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Spotify

Dalam upaya memberi pendengar podcast nilai yang baik untuk biaya berlangganan mereka, podcaster sering menyediakan konten atau layanan eksklusif. Konten tersebut ditujukan hanya untuk pendengar yang berlangganan.

Seperti contohnya podcast tentang episode khusus untuk pendengar setia, pembuatan grup, interaksi yang sering dengan pendengar, dan lainnya. Tentu hal ini akan membuat penonton semakin loyal kepada Anda.

2. Konten Eksklusif

Berikutnya Anda juga bisa mengadakan konten eksklusif untuk memperoleh uang dari podcast secara mudah dan gampang. Koten eksklusif hampir sama dengan sponsorship, namun yang membedakan adalah kesepakatan para pihak.

Di antara konten eksklusif pada podcast di Spotify atau Anchor, Anda hanya dapat membagikan podcast di platform tertentu saja. Contohnya, seperti Spotify, yang memproduksi konten eksklusif tentang budaya lokal.

Contoh lainnya yaitu film horor fiksi The Sacred Liana Horror Story, hubungan dan cinta bertema The Best Dear and Serial Pembunuh (diadaptasi dari Serial Killer Podcast) dan tema kejahatan yang sebenarnya menghilang.

3. Pemasaran Afiliasi

Pernahkah Anda melihat influencer di Instagram, TikTok, dan media sosiallainnya yang sering membagikan kode kupon? Ini adalah bentuk pemasaran afiliasi. Afiliasi pemasaran juga dikenal sebagai pemasaran berbasis kinerja.

Langkah menghasilkan uang dari podcast tersebut berarti pengiklan akan membayar komisi berdasarkan hasil kinerja yang telah disepakati sebelumnya. Penghasilannya pun tergantung dari jumlah transaksi yang dilakukan.

🔥 Trending:   Cara Menjadi YouTuber yang Menghasilkan Uang

Misalnya, jika 10 pendengar Anda berhasil menyelesaikan transaksi dari kode referral Anda, pengiklan akan memberi Anda Rp 100.000. Mungkin juga pengiklan memberikan hadiah jika audiens Anda sudah terdaftar di situs tertentu.

4. Iklan Sponsor

Periklanan atau sponsorship dapat dilakukan di hampir semua platform, tak terkecuali pada podcast. Biasanya, iklan datang dalam berbagai format seperti iklan baca dadakan atau yang dihosting, dan lainnya.

Iklan dihosting adalah iklan yang dibaca langsung oleh podcaster dan biasanya berlangsung selama kurang lebih 60 detik. Selain itu, in-stream adalah iklan pra-rekaman yang akan disisipkan pada waktu tertentu dalam episode.

Perusahaan akan secara eksklusif mensponsori Anda dalam berbagai bentuk. Mulailah dengan menyertakan logo merek di sampul depan, sebutkan nama merek di awal dan akhir, dan juga sisipkan beberapa titik di podcast Anda.

5. Monetisasi anchor

Anchor adalah platform hosting podcast terkenal yang diakuisisi oleh Spotify. Hosting pada podcast mengacu pada platform tempat file media Anda disimpan dan dibagikan di berbagai platform, termasuk platform itu sendiri.

Di aplikasi atau platform Anchor, Anda dapat masuk ke menu pengaturan “Uang” dan menentukan berapa menit dan detik Anda akan memasukkan iklan yang disediakan Anchor. Meski begitu, monetisasi podcast ini hanya berfungsi di USA.

Tetapi Anda dapat menggunakannya dengan bantuan Payoneer untuk membuat akun AS, setelah itu Anda dapat menarik dana dari Payoneer dan mengirim uang langsung ke bank lokal Indonesia Anda, dan membayar pajak yang sesuai.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara menghasilkan uang dari podcast terbaru yang bisa dilakukan. Semoga penjelasan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi yang ingin menggunakan podcast.