Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Swarakyat.id – Cara menghasilkan uang dari blog. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kita bisa memanfaatkan blog untuk memperoleh banyak penghasilan secara online dengan mudah, cepat, dan banyak.

Salah satu cara paling umum dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasila dari blog adalah dengan menempatkan iklan monetisasi. Seperti dari Google AdSense, Propeller Ads, MGID, Adsterra, dan lainnya.

Dengan memanfaatkan blog ini pula Anda akan bisa bekerja lebih mudah lagi untuk menghasilkan uang. Pasalnya, Anda dapat ngeblod dari mana saja dan kapan saja, pekerjaan ini tidak terikat waktu dan tempat.

Selain menempatkan iklan dari program monetisasi, tentu ada berbagai cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapat uang dari blog. Di bawah ini akan kami paparkan satu per satu detail penjelasannya.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Telegram

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal

Berikut akan kami sampaikan kepada Anda mengenai panduan cara mendapat uang dari blog secara cepat. Silahkan simak penggunaan blog untuk mendapatkan penghasilan pada artikel di bawah ini sampai tuntas.

1. Penjualan Produk

Cara menghasilkan uang dari blog pertama yang bisa kami sarankan kepada Anda adalah dengan menjual produk. Mulai dari produk fisik seperti produk fashion, makanan gourmet, tas, dan mashi banyak lagi yang lainnya.

Hal yang sama berlaku untuk produk digital, contohnya seperti penjualan eBook, plugin, desain grafis, editing video ilustrasi foto, dan lainnya. Pastikan jenis produk yang Anda tawarkan sesuai dengan niche blog Anda.

Dengan cara menghasilkan uang dari blog ini konversi penjualan akan meningkat karena topiknya saling berhubungan. Tentu saja, pastinya keuntungan yang bisa Anda peroleh juga sangat tinggi.

2. Menyediakan Jasa

Berikutnya Anda dapat memperoleh penghasilan dari blog dengan cara menawarkan jasa atau layanan kepada pembaca. Jika Anda memiliki keterampilan tertentu, Anda dapat menawarkan layanan Anda langsung di blog. Anda dapat memberikan banyak layanan ataupun jasa.

Mulai dengan layanan contohnya seperti pembuatan artikel, desain web, desain grafis, dan banyak lagi. Layanan yang ditawarkan kepada para pembaca Anda tentunya tidak jauh dari ranah blogging yang Anda kelola, yaitu bagus.

Misalnya Anda ingin menawarkan jasa desain grafis, maka blog Anda harus mengulas berbagai desain grafis dan seluk beluknya. Hal ini bertujuan karena satu niche akan membawa nilai bagi pengunjung blog Anda.

3. Program Afiliasi

Opsi berikutnya apabila Anda ingin mendapatkan penghaislan dari blog adalah ikut program afiliasi. Tahukah Anda, mengikuti program affiliasi juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan.

Ketika pengunjung blog Anda mengklik link banner afiliasi dan melakukan pembelian, Anda akan dibayar melalui program tersebut. Komisi yang dapat Anda peroleh tergantung pada program yang Anda ikuti pastinya.

Harga mulai dari 20% hingga 70% dari penjualan, maka dari itu makin banyak orang yang klik link afiliasi Anda, makin besar keuntungan yang bisa didapat. Anda pun bisa dengan cepat memperoleh penghasilan dari blog dengan cara ini.

4. Konten Bersponsor

Selain Google Adsense, blogger juga bisa mendapatkan uang dari blog Anda dengan mempromosikan produk atau layanan tertentu di blog Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat produk, unboxing atau hanya deskripsi produk.

Anda dapat membuat blog yang dikelola menjadi tersedia bagi pemilik bisnis untuk melihat produk atau layanan mereka. Atau penawaran juga bisa datang dari pemilik bisnis yang melihat potensi bagus di blog Anda.

Nah, ini yang disebut endorsement yang juga sering dilaukan oleh para influencer pada Instagram, TikTok, atau media sosial lain. Manfaat yang Anda terima dapat bervariasi, termasuk produk gratis, uang tunai, dan lainnya.

5. Google AdSense

Opsi berikutnya yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh uang dari blog adalah dengan AdSense. Jika Anda ingin tahu cara menghasilkan uang dari Google Adsense, Anda harus terlebih dahulu memahami layanannya.

Bagi yang masih awam dan belum tahu, Google Adsense adalah layanan periklanan yang dirancang untuk memungkinkan blogger dan pemilik situs web untuk membuka atau menawarkan ruang iklan di situs web atau blog mereka.

Dengan AdSense, ini menjadi cara mudah untuk mendapatkan uang dari Google. Untuk bisa memasang layanan Adsense di blog atau website sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana.

6. Bekerjasama dengan Agensi

Cara terbaik selanjutnya yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari blogging adalah Anda dapat bermitra dengan agensi mana pun. Sudah banyak yang meraup keuntungan dari blog dengan bergabung ke agensi.

Menurut Save the Students, bermitra dengan institusi akan memberikan banyak manfaat bagi para blogger. Namun, perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya tidak semua blogger bisa bekerja sama dengan agensi.

Pasalnya, agensi pasti sangat selektif dalam memilih blogger untuk mempromosikan produk yang mereka kelola. Blog harus anda bangun agar bisa mendapatkan trafik yang tinggi agar bisa dilirik oleh agensi nantinya.

7. Ikuti Lomba

Terakhir, Anda bisa mengikuti lomba blog yang kerap diadakan untuk dapat hadiah uang tunai. Ketika tidak ada posting berbayar atau bekerja dengan agensi, blogger sering mencari kontes untuk mendapatkan penghasilan.

Saat ini, ada banyak kontes blog dengan topik yang berbeda. Anda tinggal mencarinya di internet dan memilih kompetisi blog yang sesuai dengan keinginan Anda. Ketika Anda menang, Anda mendapatkan hadiah.

Itulah cara menghasilkan uang dengan blog Anda yang bisa dilakukan. Blogging lebih dari sekedar platform untuk melampiaskan hobi Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan blogging.

Catatan

Sekian pembahasan dari kami tentang cara menghasilkan uang dari blog gratis yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Semoga dengan adanya artikel ini Anda tidak bingung lagi bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog.