Cara Mendapat Uang dari Menulis Cerpen

Swarakyat.id – Cara mendapat uang dari menulis cerpen. Menulis cerita pendek atau artikel saat ini bukan sebuah hobi yang menyenangkan dan menenangkan hati saja, melainkan jadi sebuah kegiatan menguntungkan.

Pasalnya ada banyak situs atau platfrom yang membayar tulisan cerpen kita apabila menarik. Kita pun bisa memanfaatkan situs-situs tersebut untuk mendapatkan penghasilan bulanan yang lumayan menguntungkan.

Selain menulis di aplikasi dan situs penghasil uang menulis artikel, ada banyak cara lain untuk memperoleh bayaran dari cerpen kita. Dan hal ini perlu diketahui para penulis agar bisa mendapat uang.

Di kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda sejumlah cara dan tutorial menghasilkna atau mendapat uang dari menulis cerpen online. Silahkan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Baca: Cara Mendapat Uang Saat Liburan Sekolah

Cara Mendapat Uang dari Menulis Cerpen Online

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, mari kita simak bersama-sama pembahasan dan penjeasan lengkap tentang cara mendapat uang dari menulis cerpen online. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Kirim ke Surat Kabar

Cara mendapat uang dari menulis cerpen pertama yang kami sarankan kepada Anda adalah dengan mengirimnya ke surat kabar. Ini adalah cara menghasilkan uang dengan menulis cerita pendek yang masih populer.

Meskipun format media telah berubah menjadi digital, beberapa orang masih menerima cerita pendek berkualitas dari pembaca. Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan online.

Penghargaan atau pendapatan yang diberikan juga beragam tergantung dari media mana yang Anda tuju untuk dirikimi cerpen. Media besar seperti Kompas, Media Indonesia dan Majalah Femina biasanya membayar lebih.

2. Buat Kumpulan Cerpen

Membuat kumpulan cerpen juga menjadi sebuah langkah tepat apabila Anda ingin mendapatkan uang hasil dari menulis cerpen secara online. Karena hak cipta atas ciptaan berupa cerpen pada dasarnya berada di tangan pengarang.

Hal tersebut membuat setelah cerpen dimuat di media cetak, biasanya pengarang dapat menerbitkannya sebagai kumpulan cerpen. Anda bisa membuat kumpulan cerpen agar bisa memperoleh keuntungan dari cerpen yang sudah dibuat.

Proses penerbitan buku kumpulan cerpen dapat dilakukan secara mandiri (self publishing) atau bermitra dengan penerbit. Selain itu, kumpulan cerpen dapat diterbitkan sebagai buku cetak, e-book, atau keduanya.

3. Kirim ke Website Online

Jika penulis enggan mempublikasikan sendiri cerpen yang telah susah-susah Anda buat, pilihan lain adalah mengirimkan artikel ke situs penulisan artikel seperti Vebma dan Basabasi.co atau semacamnya.

Karya yang diterima di kedua situs tidak hanya non-fiksi, tetapi juga fiksi. Anda bisa mendapatkan bayaran dengan cara memublikasikan tulisan atau cerpen Anda pada situs menulis artikel dibayar uang terpercaya.

Biasanya sistem penghasilan yang diberikan kepada pengguna berdasarkan jumlah pembacanya. Artinya, semakin banyak pembaca cerpen Adna pada situs web online, maka akan semakin besar keuntungan yang bisa Anda peroleh.

4. Publikasikan di Blog

Nah, inilah salah satu metode yang bisa Anda coba untuk memperoleh penghasilan dari cerpen Anda. Dan itu menjanjikan! Persyaratan utamanya adalah pertama-tama memiliki blog pribadi, mengembangkan situs web.

Ada bisa menghasilkan uang dengan menawarkan slot iklan independen atau mendaftar ke Google Adsense, MGID, Propeller Ads, dan sebagainya. Setelah itu, Anda dapat mulai memposting kreasi Anda di blog Anda.

Cara ini juga kerap dijadikan langkah terbaik untuk memperoleh penghasilan dari tulisan cerpen Anda yang menarik. Makin banyak yang klik iklan Google AdSense, pendapatan Anda akan semakin besar dan banyak.

5. Event Nubar

Ada cara lain menulis cerpen yang bisa dibayar dengan mengikuti kegiatan nubar atau nulis bareng. Biasanya, acara nubar ini biasanya diselenggarakan oleh penerbit dan mencari peserta melalui media sosial.

Royalti dari penjualan kumpulan cerita pendek yang ditulis bersama akan dibagikan oleh semua peserta di kemudian hari. Namun terkadang ada penerbit yang mengorganisir nubars dan mereka membutuhkan minimal 1 pembelian buku/

Hal tersebut dilakukan oleh para penerbit khusus sebagai bentuk apresiasi diri para penulis cerpennya. Jika Anda akan menulis cerpen berbayar tanpa membeli buku, jangan pergi ke acara nubar atau antologi seperti ini.

6. Cetak Buku Sendiri

Terakhir, Anda juga dapat membayar untuk menulis cerita pendek dengan mencetak koleksi cerita pendek Anda sendiri. Anda dapat memilih penerbit besar yang semuanya gratis tetapi sulit untuk dipilih, atau penerbit independen.

Jika Anda merasa yakin dengan naskah atau kumpulan cerita pendek Anda, Anda juga dapat memilih untuk menerbitkan sendiri, di mana semua manajemen pencetakan, termasuk biaya, sepenuhnya menjadi tanggungan Anda.

Bagaimana kita bisa mengenakan biaya untuk menulis cerita pendek jika kita membayar sendiri? Jangan lupa bahwa semua manfaat penerbitan mandiri akan menjadi milik Anda tanpa membagikannya kepada penerbit lain.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara mendapat uang dari menulis cerpen gratis. Mudah-mudahan adanya informasi ini bisa membuat kita jadi lebih tahu persiapan menghasilkan uang dari menulis cerpen.