Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Swarakyat.id – Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Banyak orang sukses menjadi blogger dan menghasilkan uang, bahkan hasilnya hingga ratusan juta sampai miliaran rupiah per bulannya.

Tapi ada banyak pula orang yang kebingungan untuk membuat blog gratisan. Banyak juga yang kurang tahu cara memanfaatkan blog yang dibuat tersebut untuk digunakan sebagai penghasil uang terpercaya.

Jadi, di kesempatan ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Diharapkan Anda bisa mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan uang.

Berikut akan kami jelaskan kepada Anda panduan lengkapnya, ikuti saja tutorial-tutorial di bawah ini dengan benar. Sehingga, Anda dapat mengetahui tata cara membuat blog kemudian bisa menghasilkan uang darinya.

Baca: Usaha yang Cepat Menghasilkan Uang

Panduan Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Inilah panduan serta tutorial beberapa cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang bisa Anda lakukan. Silahkan ikuti tips di bawah ini untuk memperoleh penghasilan dengan mudah, cepat, dan aman dari membuat blog gratisan.

  1. Jika Anda ingin membuat blog di Blogspot/Blogger.com, hal pertama yang Anda perlukan adalah akun Gmail.
  2. Jika saat ini Anda tidak memiliki akun Gmail, silakan mendaftar dulu.
  3. Kunjungi website www.blogger.com
  4. Klik tombol “Buat Blog Anda”
  5. Anda akan diarahkan untuk login. Itu sebabnya Anda harus memiliki akun Gmail di langkah pertama.
  6. Silakan masuk dengan informasi akun Gmail Anda masing-masing.
  7. Buat blog Anda dengan mengisi kolom judul.
  8. Selanjutnya isikan alamat blog (URL) yang akan dijadikan domain.
  9. Misalnya “swarakyat” nantinya blog Anda akan memiliki alamat di swarakyat.blogspot.com.
  10. Isi profil Blogger Anda dengan nama Anda dan klik tombol Selesai
  11. Selamat! Blog Anda siap diakses sesuai dengan alamat URL yang dimasukkan pada langkah 6.
  12. Pada tahap selanjutnya Anda bisa mulai memublikasikan artikel, mengatur tampilan halaman depan atau melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization).
  13. Anda dapat melakukannya dengan menyiapkan deskripsi meta, menautkan ke Google Search Console, dan mengintegrasikannya dengan Google Analytics.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Sebenarnya hal ini sudah pernah kami bahas mengenai cara dapat uang dari Blogspot yang bisa dilakukan. Tapi, kami akan menjelaskannya ulang di bawah berikut ini.

1. AdSense

Salah satu cara dapat uang dari blog gratis adalah memanfaatkan AdSense. Google Adsense adalah salah satu layanan periklanan paling populer dan dimiliki oleh perusahaan besar, yaitu Google sehingga sangat terpercaya.

Layanan dari Google AdSense ini ditujukan bagi publisher atau pemilik website untuk menayangkan iklan. Adwords dan Adsense pada dasarnya adalah layanan yang sama. Bedanya dengan AdWords, menawarkan pengiklan untuk membeli iklan.

2. Endorsement

Opsi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk dapat penghasilan adalah Endorsement atau sponsorship blog. Mungkin Anda sering melihat blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di konten blog mereka.

Baik itu berupa review, unboxing, maupun deskripsi produk. Blogger dapat bermitra dengan perusahaan tertentu untuk mendukung produk atau layanan mereka, penghasilannya bisa berkisar dari uang tunai hingga produk gratis.

3. Afiliasi

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang berikutnya yakni dengan pemasaran afiliasi. Cara lain untuk menghasilkan uang dari blogging sangat populer dengan program afiliasi atau affiliate marketing.

Dengan program ini, Anda akan mendapatkan komisi setiap kali pengunjung blog melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link afiliasi atau banner. Besaran komisi yang didapat berbeda-beda di setiap perusahaan.

4. Webinar

Berikutnya, langkah untuk dapat penghasilan dari blog gratisan, Anda dapat menghasilkan uang di blog Anda dengan webinar. Cara ini diterapkan oleh para blogger yang sudah profesional dan terpercaya di bidangnya.

Cara mendapat uang dari webinar blog gratis ini juga bisa Anda terapkan jika sudah membangun citra positif dan profesional di bidang Anda. Dalam webinar, Anda dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman profesional Anda.

5. Penjualan Produk

Terakhir, Anda dapat menghasilkan uang dari blog gratisan Anda dengan menjual produk yang Anda miliki, bisa digital atau fisik. Jika Anda memiliki keterampilan menulis tutorial, Anda dapat membuat ebook untuk dijual.

Selain menjual ebook di blog, bagi mereka yang memiliki keterampilan pemrograman, Anda dapat memulai dengan menawarkan aplikasi yang Anda buat untuk dijual. Untuk produk fisik, Anda bisa menjual berbagai macam barang.

Akhir Kata

Sekian pembahasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang terbaru. Semoga panduan dan penjelasan yang kami sampaikan bisa bermanfaat agar Anda bisa dapat uang dari blog.